APAR (alat pemadam api ringan)

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau  alat pemadam api  adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau pengendalian kebakaran kecil. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya yang membutuhkan tabung dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. Dalam hal Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR merupakan peralatan yang wajib dimiliki oleh setiap Perusahaan dalam rangka kerja dan aset perusahaannya.
Alat Pemadam Kebakaran STARVVO
Alat Pemadam Kebakaran STARVVO

Jenis-jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Berdasarkan bahan pemadam api yangAmerika, APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dapat digolongkan menjadi beberapa Jenis. Diantaranya terdapat 4 jenis APAR yang paling umum yaitu, yaitu:

1. Alat Pemadam Api (APAR) Udara / Air

 APAR Jenis Air (Air) adalah Jenis APAR yang disikan oleh Air dengan tingginya. APAR Jenis Air ini merupakan jenis APAR yang paling Ekonomis dan cocok untuk memadamkan api yang disebabkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet, Plastik dan lain sebagainya (Kebakaran Kelas A). Tetapi akan sangat berbahaya jika dipergunakan pada saat kebakaran karena Instalasi Listrik yang bertegangan (Kebakaran Kelas C).

2. Alat Pemadam Api (APAR) Busa / Foam (AFFF)

APAR Jenis Busa adalah Jenis APAR yang terdiri dari bahan kimia yang dapat melayani busa. Busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) yang disembur keluar akan memasukan bahan-bahan yang mirip. Oksigen tidak dapat masuk untuk proses kebakaran. APAR Jenis Busa AFFF ini efektif untuk memadamkan api yang ditimbulkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet dan lain sebagainya (Kebakaran Kelas A) serta kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak, Alkohol, Solvent dan lain sebagainya (Kebakaran Jenis B).

3. Alat Pemadam Api (APAR) Serbuk Kimia / Dry Chemical Powder

APAR Jenis Serbuk Kimia atau Dry Chemical Powder Fire Extinguisher terdiri dari serbuk kering kimia yang merupakan kombinasi dariMono- amonium dan ammonium sulphate .Serbuk kering Kimia yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan-bahan yang membentuk tubuh Oksigen yang menyebabkan kebakaran. APAR Jenis Dry Chemical Powder ini merupakan alat pemadam api yang berfungsi efektif untuk memadamkan kebakaran di hampir semua kelas seperti Kelas A, B dan C. 
APAR Jenis Dry Chemical Powder tidak dapat diaplikasikan untuk diolah. . APAR Dry Chemical Powder sekarang pada mobil.

4. Alat Pemadam Api (APAR) Karbon Dioksida / Karbon Dioksida (CO2)

APAR Jenis Karbon Dioksida (CO2) adalah Jenis APAR yang menggunakan bahan Karbon Dioksida (Karbon Dioksida / CO2) sebagai bahan pemadamnya. APAR Karbon Dioksida sangat cocok untuk Kebakaran Kelas B (bahan cair yang mudah terbakar) dan Kelas C (Instalasi Listrik yang bertegangan).

Kelas-kelas (Golongan) Kebakaran

Kita perlu mengetahui kelas-kelas (golongan) kebakaran atau jenis-jenis api APAR yang dipergunakan efektif dalam pengendalian kebakaran tersebut. Dalam Permenaker No. Per-04 / MEN / 1980, kelas atau golongan dibagi menjadi 4 golongan yaitu Golongan A, B, C dan D. 
Berikut ini adalah Kelas atau Golongan Kebakaran Jenis APAR yang efektif untuk memadamkannya:

- Kebakaran Kelas A

Kebakaran Kelas A merupakan kelas kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Plastik, Kain, Kayu, Karet dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan bahaya Kelas A adalah APAR Jenis Cairan (Air), APAR Jenis Busa (Busa) dan APAR Jenis Tepung Kimia (Serbuk Kering).

- Kebakaran Kelas B

Kebakaran Kelas B merupakan kelas kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak (Bensin, Solar, Oli), Alkohol, Cat, Pelarut, Metanol dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan bahaya Kelas B adalah  APAR Jenis Karbon Diokside (CO2), APAR Jenis Busa (Busa) dan APAR Jenis Tepung Kimia (Serbuk Kering).

- Kebakaran Kelas C

Kebakaran Kelas C merupakan kelas kebakaran yang diberikan oleh Instalasi Listrik yang bertegangan. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas C adalah APAR Jenis Karbon Diokside (CO2) dan APAR Jenis Tepung Kimia (Serbuk Kering).

- Kebakaran Kelas D

Kebakaran Kelas D merupakan kelas kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan logam yang mudah terbakar seperti sodium, magnesium, aluminium, lithium dan potassium. Kebyar Jenis ini perlu APAR khusus dalam memadamkannya.

Cara Menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Untuk mempermudah dalam mengingat proses atau cara penggunaan Alat Pemadam Api, kita dapat menggunakan singkatanTATA yaitu:
  1. TARIK Pin Pengaman (Safety Pin) APAR
  2. ARAHKAN Nozzle atau pangkal selang ke api (area kebakaran)
  3. TEKAN Pemicu untuk menyemprot
  4. AYUNKAN ke semantara api (area kebakaran)

No comments:

Post a Comment

PENDAHULUHAN

PENDAHULUAN UMUM Airport Fire Fighting & Rescue (AFFR) atau Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) ...